09 Juni 2015

INSTAN dan GADGET

Jangan menganggap ini adalah sebuah tulisan tentang teknologi informasi, dan juga bukan untuk mengupas salah satu gadget dari merk manapun, ini cuma sebuah perasaan aja terhadap apa itu yang disebut gadget pada saat ini terlebih lagi tentang handphone atau smartphone atau apapun lah yang berhubungan dengannya.

Sejak kemunculan mie instan baik yang berjenis di rebus atau di goreng (padahal masih direbus juga, cuma gak pake air rebusannya) yang entah kapan dimulainya seolah ke-instan-annya itu mulai merambah dan sedikit banyak berpengaruh ke pelosok kegiatan hidup ini, sekarang ini hampir segalanya terkesan instan, bahkan bukan hanya mie aja yang instan tapi bubur ayam juga udah ada yang instannya! dulu gak kebayang bakalan ada bubur ayam instan kaya gitu, tinggal seduh diamkan lalu sajikan dengan senang hati. Itu baru makanan, belum lagi dari karir kehidupan seseorang, banyak sekali yang mencari karir dengan instan, alasannya mungkin kalo berhasil bisa lebih menjanjikan dari segi pendapatan, tapi karir yang instan ini lebih kepada keahlian seperti halnya acara acara pencarian bakat baik itu menyanyi ataupun tertawa (maksudnya lawak), namun walaupun terkesan instan tapi ada sisi kompetisinya dimana masing masing kontestannya dituntut untuk menampilkan yang terbaik sebaik hati ibunda. Kemudian ada juga youtube, siapa sih yang gak tau youtube *temen saya ada ko yang gak tau, nah ini juga menjadi salah satu pintu gerbang menuju keterkenalan nan instan, siapa yang gak kenal udin sedunia, siapa yang gak kenal polisi yang nyanyiin lagu india chaya chaya yang cuma direkam dari kamera sebuah gadget, dan ini menunjukkan betapa gadget terutama smartphone saat ini sangat membantu karir keinstanan kita, walaupun tadinya cuma bikin foto foto atau bikin video iseng iseng aja, tapi kadang tidak disangka dikemudian hari menjadi booming, walaupun pada akhirnya mereka yang mendadak terkenal secara instan itu entah kemana rimbanya dan dimana jawabannya harus kucari.

Dan kalau melihat perkembangan gadget pada saat ini terutama smartphone jujur saya gak tau seperti apa perkembangannya, namun hanya melihat perkembangan pengaruh smartphone itu dari sisi kesehariannya dan itu pun yang saya rasa dan ketahui, yang jelas sekarang ini smartphone sudah menjadi bagian dari lifestyle seseorang, mau dipakai untuk keperluan positif atau negatif semuanya udah gak dipeduliin lagi, karena baik atau buruk pun bisa jadi berita dimana mana. Ini sekedar contoh saja ada seorang anak mengeluh tentang kedua orang tuanya yang mana anak itu merasa sedikit "diterlantarkan" karena semenjak ibu bapaknya punya smartphone komunikasi dengan si anak jadi agak agak aneh, pagi mulai dari bangun tidur udah pada pegang gadget masing masing, terus komunikasinya hanya sebatas dari mulut saja sementara pandangan masih tetap fokus ke gadget, sampai mereka pulang kerja yang terlihat oleh mata anaknya adalah pandangan ibu bapaknya masih tertuju ke gadget, sampai akhirnya anak itu kabur karena ingin punya gadget baru, ini siapa atau apanya yang salah? Gadgetnya kah? Gak juga karena gadget tidak dibuat dengan rasa bersalah, tapi mungkin lebih ke cara menyikapi dan menggunakan gadget itu sendiri, gimana caranya? Gampang, smartphone adalah handphone pintar, jadi yang pakenya juga harus pintar, yang paling penting adalah pintar mengatur waktu kapan menggunakannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar