06 Juni 2015

MANIPULASI

Kemaren ngebahas tentang palsu sekarang manipulasi besok besok bisa jadi isi blog nya tentang PPKN...eh KKN. Yaa gak tau juga sih soalnya begitu pengen posting di blog yang kepikiran judulnya itu : manipulasi. Kalau menurut saya sih antara palsu sama manipulasi agak agak gak jauh beda kali ya karena hasil akhir dari keduanya adalah sesuatu yang direkayasa, di modifikasi, di utak atik, di obok obok dan di ubek ubek menjadi sesuatu yang tidak sebenarnya, mungkin bisa berarti juga hasil dari manipulasi adalah kepalsuan, itu berarti juga manipulasi adalah bagian salah satu dari proses yang disebut palsu. Sering kita denger ada orang yang memanipulasi data, ya data apa saja yang jelas data yang di manipulasi itu adalah data yang menurutnya penting untuk mencapai tujuannya, mungkin motto nya berbeda beda data yang penting satu tujuan.

Dan yang lebih seru tuh ketika datangnya musim pemilu, di Indonesia dikenal ada dua musim, musim hujan dan musim kemarau, tapi dengan adanya musim pemilu maka sekarang indonesia jadi punya tiga musim. Saat musim pemilu datang hampir disetiap penjuru sudut dan pojok corner hampir tiap orang mendadak jadi pengamat politik, dan hampir semuanya yang dibicarakan dan di diskusikan gak tau mana yang benar dan gak tau juga mana yang salah, karena mereka membicarakannya berdasarkan berita berita yang cuma terlihat di permukaannya saja, mungkin juga pikiran mereka sudah termanipulasi berita yang ala kadarnya. Belum lagi ketika pelaksanaan pemilu itu sendiri, sangat rentan dengan manipulasi suara, tentunya bukan suara Krisdayanti ataupun suaranya si burung cendrawasih Vina G. Bastian...eh Vina Panduwinata, tapi yang di manipulasi adalah suara rakyat, suara yang menentukan nasib bangsa, buktinya ketika pemilu usai banyak vihak vihak yang merasa dirugikan dengan hasil pemilu nya dan menyatakan bahwa banyak sekali manipulasi jumlah rekapitulasi saat penjumlahan surat suara, dan pada hari itu suara kita yang jelas jelas jelek saat bernyanyi menjadi sangat begitu berharga.

Ini tidak benar gais, ini berbahaya bagi kesehatan negara, dan jangan sampai kita juga ikut ikutan memanipulasi, apapun itu apalagi memanipulasi rasa cinta menjadi rasa benci dan memanipulasi rasa kecap yang manis menjadi rasa asin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar